Bola Dunia : Pembalasan Dendam Thomas Tuchel di Liga Champions

Thomas Tuchel berhasil membalaskan kekalahannya di final Liga Champions musim lalu. Manajer asal Jerman itu kini sukses menjadi juara bersama Chelsea.

Chelea dinobatkan sebagai kampiun Liga Champions 2020/2021 di Stadion do Dragao, Minggu (30/5/2021) dini hari WIB. The Blues menang 1-0 atas wakil Inggris lainnya, Manchester City, pada partai pamungkas.

Prestasi ini menjadi kali kedua buat Chelsea meraih titel Liga Champions. Sebelumnya, klub asal London itu memperoleh gelar tertinggi Eropa tersebut pada tahun 2012.

Gelar Liga Champions kali ini merupakan yang pertama diraih manajer ChelseaThomas Tuchel. Juru taktik asal Jerman itu sebelumnya hanya mampu mengoleksi medali perak kala menangani tim Prancis, Paris Saint-Germain.

Tuchel gagal membawa PSG menjadi jawara Eropa di musim 2019/2020, lantaran kalah dari raksasa Bundesliga, Bayern Munich. Les Parisiens kala itu tumbang dengan skor tipis 0-1.

Tuchel ditendang dari Parc des Princes pada akhir tahun 2020. Pria 47 tahun itu kemudian menerima pinangan Chelsea pada awal 2021, menggantikan Frank Lampard yang dipecat The Blues.

Selama lima bulan melatih Chelsea, Tuchel mampu mendongkrak performa timnya di Premier League dan mampu finis di empat besar. Di penghujung musim 2020/2021, dia sukses mempersembahkan titel Liga Champions ke Stamford Bridge.

Thomas Tuchel tercatat menjadi pelatih asal Jerman ketiga yang berhasil membawa timnya juara Liga Champions dalam tiga tahun terakhir. Dia menyamai pencapaian Juergen Klopp di Liverpool (2019) dan Hansi Flick bersama Bayern Munich (2020).

 

Related posts

Leave a Comment