Euro 2020 : Bertemu Jerman Di Babak 16 Besar,Inggris Lupakan Catatan Buruk

Inggris dihantui catatan buruk di turnamen besar ketika menghadapi Jerman. Tapi menakuti masa lalu tak ada manfaatnya untuk tim ‘Tiga Singa’.

Inggris akan menghadapi Jerman di Wembley, Selasa (29/6/2021) malam WIB pada laga babak 16 besar Euro 2020. Kedua negara sudah kerap berhadapan satu sama lain dengan pertemuan pertama tercatat pada 1930 sementara yang terakhir adalah di 2017 silam.

Total 32 pertemuan dilalui keduanya di seluruh ajang termasuk uji coba. Catatannya relatif berimbang dengan Inggris punya 13 kemenangan, empat kali imbang, dan 15 kali kalah.

Namun situasinya berbeda di ajang kompetitif (termasuk kualifikasi). Dari 11 kali bertanding, Inggris cuma tiga kali menang, dua kali imbang, dan enam kali kalah.

Bahkan jika spesifik ke catatan pertemuan di turnamen besar, Inggris punya riwayat yang cukup buruk. Sejak menang 4-2 di Piala Dunia 1966 (atas Jerman Barat), tim ‘Tiga Singa’ hanya sekali menang dari lima pertemuan di Piala Eropa dan Piala Dunia.

Satu-satunya kemenangan itu dipetik di Piala Eropa 2000 dengan skor 1-0. Inggris imbang 0-0 pada fase grup kedua Piala Dunia 1982, lalu kalah adu penalti baik di semifinal Piala Dunia 1990 maupun Piala Eropa 1996.

BACA JUGA: PORTUGAL LOLOS KE 16 BESAR

Inggris juga menelan kekalahan telak 1-4 pada babak 16 besar Piala Dunia 2010 silam. Sejak saat itu, Inggris dan Jerman belum lagi berhadapan di turnamen besar sampai di Piala Eropa 2020 ini.

Penyerang Inggris Marcus Rashford menilai catatan masa lalu itu tak berarti apapun lagi karena sudah terjadi. Kini fokus tim adalah mencatatkan hasil yang lebih baik.

“Tidak ada gunanya takut akan masa lalu. Anda kan tak bisa kembali dan mengubahnya,” kata pemain Manchester United itu dilansir Sportsmole.

“Yang bisa kami ubah adalah hasil untuk laga berikutnya dan menempatkan diri kami di posisi terbaik untuk memenangi pertandingan,” imbuhnya.

 

Related posts

Leave a Comment