Euro 2020 : Italia Menang 2-1 Lewat Perpanjangan Waktu

Italia mengalahkan Austria 2-1 lewat perpanjangan waktu. Gli Azzurri menang berkat gol dua pemain pengganti Federico Chiesa dan Matteo Pessina.

Italia menghadapi Austria di Wembley, pada laga 16 besar Piala Eropa 2020, Minggu (27/6/2021) dini hari WIB. Pasukan Roberto Mancini lebih dominan dalam melancarkan serangan.

Mereka membuat 16 tembakan dengan delapan mengarah ke gawang. Sementara, Austria melakukan delapan percobaan tiga on target.

Meski sama-sama punya peluang tak ada gol yang tercipta hingga waktu normal berakhir. Hal ini membuat laga harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Kebuntuan pecah melalui Federico Chiesa di menit ke-95. Italia bisa menggandakan kedudukan di menit ke-105 dari Matteo Pessina.

Austria hanya mampu menipiskan ketinggalan dari gol Sasa Kalajdzic di menit ke-114. Laga berakhir 2-1 untuk kemenangan La Nazionale Italia lolos ke perempatfinal untuk berjumpa pemenang laga Belgia vs Portugal.

Austria berani untuk meladeni Italia bermain terbuka. Hal ini membuat laga berjalan menarik di menit awal.

Italia mencoba mengancam di menit ke-10 lewat tusukan Leonardo Spinazzola di sisi kiri kotak penalti. Namun, ia memaksakan melepas tembakan meski di sudut yang sempit. Bola melebar dari gawang Daniel Bachmann.

Gli Azzurri hampir saja membuka keunggulan di menit ke-16. Umpan tarik Spinazzola dari sisi kiri bisa disambar oleh Nicolo Barella.

Gelandang Inter Milan ini melepas sepakan dengan kaki bagian luar. Bola melintir Barella belum berbuah gol usai Bachmann melakukan penyelamatan dengan kakinya.

Semenit berselang, giliran Austria yang bisa mencuri kesempatan. Umpan panjang Marcel Sabitzer menjangkau Marco Arnautovic yang melaju mengarah ke gawang. Usahanya melepas tembakan, tapi masih melambung dari gawang Gianluigi Donnarumma.

Memasuki pertengahan babak pertama, Italia perlahan tampil dominan dalam menguasai bola. Austria bermain lebih menunggu.

Peluang emas kembali dimiliki oleh Italia pada menit ke-32. Upaya Ciro Immobile melepas sepakan terukur dari jarak jauh masih menerpa tiang kanan gawang Austria.

Italia menekan Austria menjelang akhir babak pertama. Usaha pasukan Roberto Mancini tersebut tak berbuah hasil hingga turun minum, Skor tanpa gol menutup babak pertama.

Selepas jeda, Austria membuka ancaman usai mendapat tendangan bebas tepat di depan kotak penalti. Namun David Alaba yang menjadi eksekutor, tembakannya masih melambung.

Austria justru beberapa kali menemukan celah di lini pertahanan La Nazionale pada babak kedua. Sabitzer melakukan percobaan dari jarak jauh. Bola mengenai Leonardo Bonucci sehingga berbelok arah, tapi masih melebar dari gawang Donnarumma.

Beberapa saat kemudian giliran Arnautovic yang melepas tembakan dari sisi kanan kotak penalti. Kali ini, Donnarumma bisa mengamankan bola.

Pada menit ke-66, Austria sempat mencetak gol. Umpan silang dari sisi kiri bisa ditanduk oleh Alaba.

Bola lalu diteruskan oleh Arnautovic dengan sundulan untuk menggetarkan jala Italia. Namun, gol ini dianulir usai wasit meninjau VAR karena Arnautovic offside.

Tempo laga kembali meninggi di pertengahan babak kedua. Italia punya kesempatan di menit ke-72. Lorenzo Insigne mendapat ruang di sisi kiri kotak penalti. Ia memilih melakukan placing, tapi masih melebar.

Hingga 90 menit berakhir tak ada gol yang tercipta. Laga berlanjut ke perpanjangan waktu.

Empat menit perpanjangan waktu berjalan, Federico Chiesa punya ruang di sisi kanan kotak penalti usai mendapat sodoran bola dari Andrea Belotti. Sepekan mendatarnya bisa dengan baik diamankan Bachmann.

Chiesa kembali mengancam pada menit ke-95. Spinazzola melihat sayap Juventus ini tak terkawal di sisi kanan. Mengontrol bola dengan baik, ia mengecoh Konrad Laimer.

Gol!! Sepakan keras Chiesa memperdayai Bachmann. Italia unggul 1-0

Pada menit ke-105, Italia melakukan kombinasi umpan yang sangat baik di sisi kiri hingga masuk ke kotak penalti. Sambil terjatuhm Francesco Acerbi menyodorkan bola ke Matteo Pessina.

Gol!! Pessina melepas tembakan yang membobol gawang Austria. Italia menjauh 2-0.

Pada babak kedua perpanjangan waktu Austria tak punya pilihan kecuali tampil menyerang. Mereka bisa memperkecil ketinggalan di menit ke-114.

Gol!! Sepak pojok Louis Schaub bisa ditanduk Sasa Kalajdzic sambil menjatuhkan diri di tiang dekat. Bola meluncur ke gawang Italia untuk mengubah skor menjadi 2-1

Italia bisa mempertahankan keunggulan mereka ini hingga laga tuntas.

Related posts

Leave a Comment