Euro 2020 : Kutukan Spanyol Berakhir

Spanyol melaju ke perempatfinal Euro 2020 usai menyingkirkan Kroasia. Ini mengakhiri catatan buruk La Furia Roja selama hampir sedekade.

Spanyol menghadapi Kroasia pada babak 16 besar yang dihelat di Parken stadium, Kopenhagen, Senin (28/6/2021) malam WIB. Diunggulkan menang, Spanyol harus tertinggal duluan di menit ke-20 karena gol bunuh diri Pedri.

Gol itu sejatinya adalah kesalahan Unai Simon saat menerima backpass Pedri dan membuat bola masuk ke gawang. Pablo Sarabia menyamakan skor di menit ke-38.

Spanyol lantas berbalik unggul 3-1 di babak kedua lewat gol-gol Cesar Azpilicueta dan Ferran Torres. Kroasia lantas bangkit untuk menyamakan skor jadi 3-3 di lima menit akhir berkat gol Mislav Orsic dan Mario Pasalic.

Tapi, Spanyol membuktikan kematangan mental di babak extra time saat mencetak dua gol lewat Alvaro Morata serta Mikel Oryazabal. Menang 5-3, Spanyol melaju ke perempatfinal untuk menantang Prancis atau Swiss di Saint Petersburg Jumat nanti.

BACA JUGA: PRANCIS SUSUL BELANDA PULANG LEBIH CEPAT

Hasil yang begitu melegakan Spanyol karena mereka sempat terancam gagal lagi lolos ke babak delapan besar. Sebab, Spanyol lagi dinaungi rekor buruk terkait fase gugur hampir sedekade terakhir.

Setelah menjuarai Euro 2012, Spanyol tidak pernah melaju lebih dari babak 16 besar di turnamen Piala Dunia dan Piala Eropa. Di Piala Dunia 2014, Spanyol tersingkir di fase grup.

Sementara, di Piala Eropa 2016, Spanyol dikalahkan Italia di babak 16 besar sebelum disingkirkan Rusia di fase yang sama pada Piala Dunia 2018.

“Ya, kita memang harus menderita dulu seperti ini. Sudah lama kami tidak melaju sejauh ini di fase gugur turnamen besar,” ujar Azpilicueta di situs resmi UEFA.

“Tapi, hari ini kami mampu mematahkan ‘kutukan’ itu menghadapi runner-up Piala Dunia. Tidak enak rasanya kebobolan dua gol telat di waktu normal. Kami lebih baik di babak extra time dan pantas lolos,” sambungnya.

Related posts

Leave a Comment