Euro 2020 : Rep Ceko Tumbangkan Skotlandia 2-0

Republik Ceko meraih kemenangan 2-0 saat berhadapan dengan Skotlandia di penyisihan Grup D Piala Eropa 2020. Dua gol Patrik Schick memberi skuad Lokomotiva tiga poin perdana.

Di Hampden Park, Senin (14/6/2021), gol pertama Schick tercipta dari situasi sepak pojok. Memanfaatkan keunggulan duel udara, Schick menyundul bola masuk di menit ke-42.

Gol kedua Ceko lahir dari kesalahan kiper David Marshall yang keluar dari sarangnya. Schick dengan jeli melihat hal tersebut dan melepaskan tembakan setengah lapangan untuk mencetak gol, memastikan kemenangan.

Hasil ini mengantarkan Ceko memimpin klasemen sementara Grup D dengan 3 poin, sama dengan Inggris namun unggul selisih gol. Sedangkan Skotlandia ada di juru kunci dengan 0 poin.

Ceko mengancam di menit ke-11 lewat sundulan Patrik Schick yang menerima crossing Vladimir Coufal, namun hasilnya masih melebar dari gawang Skotlandia.

Peluang kedua Schick diperoleh 5 menit berselang. Sepakan kaki kirinya dari jarak dekat bisa diblok kiper Skotlandia,David Marshall, menghasilkan tendangan sudut untuk Ceko. Dalam situasi kemelut setelahnya, bola dikuasai Jakub Jankto,tetapi sepakan jarak jauhnya melambung di atas gawang.

Skotlandia hampir mencetak gol di menit ke-32. Andy Robertson bebas berdiri di kotak penalti, namun tembakan kaki kiri bek Liverpool itu mentah di tangan kiper Ceko,Tomás Vaclik.

GOL! Ceko akhirnya unggul duluan di menit ke-42. Crossing Coufal dari sisi kanan kotak penalti disundul Schick ke sudut kiri gawang Skotlandia tanpa bisa dihalau oleh Marshall. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

BACA JUGA: BELANDA MENANG TIPIS ATAS UKRAINA

Di babak kedua, Ceko tak berhenti menekan. Schick hampir mencetak gol kedua di menit ke-46, tapi Marshall mampu menahan sepakan penyerang Bayer Leverkusen itu.

Dua menit setelahnya, Skotlandia hampir menyamakan kedudukan. Jack Hendry melepaskan tembakan jarak jauh, namun hanya membentur tiang gawang. Sial bagi Skotlandia, mereka justru kebobolan lagi di menit ke-52.

Ceko melakukan serangan balik. Saat bola baru sedikit melewati tengah lapangan, Schick melihat Marshall berada jauh dari gawangnya. Schick kemudian melepaskan tembakan setengah lapangan yang berhasil menggetarkan jala gawang Skotlandia. Marshal tak mampu berbuat apa-apa.

Tertinggal dua gol, Skotlandia mencoba menekan. Tak mau kalah di kandang sendiri, segala upaya dilancarkan.

Di menit ke-62, berawal dari kesalahan lini belakang Ceko, Lyndon Dykes lolos dari pengawalan kemudian melepaskan sepakan jarak dekat, namun diblok oleh Vaclik. Empat menit berselang, sepakan jarak dekat Dykes lagi-lagi digagalkan kiper Sevilla tersebut.

Sepakan Scott McTominay di menit ke-77 melambung dari sasaran. Sedangkan tembakan Kevin Nisbet di menit ke-82 sempat terdefleksi, namun dengan sigap diamankan Vaclik. 18 peluang Skotlandia tak ada yang berbuah gol, dan Ceko menang 2-0.

Related posts

Leave a Comment