Euro 2020 : Ukraina Tantang Inggris di 8 Besar

Ukraina secara dramatis memetik kemenangan atas Swedia. Kemenangan 2-1 itu memastikan Zbirna menjejak perempatfinal Euro 2020.

Ukraina menghadapi Swedia di Hampden Park, Glasgow, Rabu (30/6/2021) dini hari WIB pada lanjutan 16 besar Euro 2020. Ukraina unggul lebih dulu lewat tendangan spektakuler Oleksandr Zinchenko di menit ke-27.

Swedia lantas menyamakan skor sebelum jeda, tepatnya di menit ke-43 melalui sepakan Emil Forsberg. Skor 1-1 bertahan sampai 90 menit, sehingga laga dilanjutkan ke babak tambahan.

Kedua tim bermain alot di babak tambahan, bahkan ketika Swedia kehilangan pemain karena kartu merah. Ukraina pada akhirnya mengunci kemenangan di masa injury time babak tambahan melalui Artem Dovbyk pada menit ke-121.

Dengan kemenangan ini, Ukraina melaju ke perempatfinal Euro 2020 dan selanjutnya akan menghadapi Inggris.

BACA JUGA: INGGRIS MELAJU KE PEREMPAT FINAL

Swedia memulai dengan mengambil inisiatif dan mendesak Ukraina. Peluang didapatkan di menit ketujuh, ketika Dejan Kulusevski menerima bola di dalam kotak penalti. Sepakannya diblok oleh Taras Stepanenko.

Ukraina merespons di menit ke-11. Andriy Yarmolenko dan Roman Yaremchuk bekerja sama dengan umpan satu -dua, lalu diakhiri dengan tembakan keras. Upaya Yaremchuk itu dihalau oleh Robin Olsen.

GOL! Ukraina memimpin di menit ke-27. Umpan silang Yarmolenko dari kanan diterima Oleksandr Zinchenko di sisi kiri di dalam kotak penalti. Zinchenko menyambarnya dengan tendangan voli yang tak kuasa dibendung Olsen.

Hampir Swedia menyamakan kedudukan di menit ke-30 melalui tendangan bebas. Eksekusinya menyasar pojok kanan bawah gawang, tapi Georgi Bushchan sigap menghalau.

GOL! Swedia menyamakan kedudukan di menit ke-43. Emil Forsberg menerima bola beberapa meter di depan kotak penalti Ukraina dan melepaskan tembakan keras yang sempat membentur Illia Zabarnyi. Bushchan terkecoh dan bola masuk ke gawang. Babak pertama berakhir 1-1.

Sepakan Sebastian Larsson dari tepi kotak penalti di menit ke-54 cuma melebar ke kanan gawang. Ancaman balasan dari Ukraina semenit berselang tak kalah berbahaya, dengan tembakan Serhiy Sydorchuk menyerempet tiang gawang.

Tiang! Kali ini Swedia yang punya peluang menyentuh tiang gawang. Forsberg bergerak memotong dan mengarahkan tendangan yang juga menyerempet tiang.

Swedia membuang kesempatan bagus di menit ke-60. Alexander Isak lolos dan tinggal menghadapi kiper, tapi penyelesaian akhirnya buruk sehingga tendangannya cuma melebar.

Peluang untuk Swedia berawal dari sepak pojok di menit ke-66. Kulusevski menerima bola di depan kotak penalti dan melepaskan tendangan melengkung yang masih mampu ditepis Bushchan.

Nyaris! Forsberg bergerak memotong dari kiri dan menembak ke arah gawang pada menit ke-69. Bola meluncur deras lalu membentur mistar gawang!

Tempo pertandingan berangsur-angsur menurun. Skor 1-1 bertahan sampai peluit panjang berbunyi. Laga pun dilanjutkan ke babak tambahan.

Periode pertama babak tambahan berjalan dengan lambat. 15 menit berjalan minim peluang, sementara tempo berlalu dengan lambat.

Petaka untuk Swedia hadir di menit ke-98. Tekel Marcus Danielson dinilai terlalu bahaya, saat berupaya menghentikan Artem Besenin. Tekel tingginya sempat diganjar kartu kuning, tapi Video Assistant Referee (VAR) mengubah menjadi kartu merah.

Ukraina menyia-nyiakan kans bagus di menit ke-111. Artem Dovbyk lolos dan tinggal menghadapi kiper, tapi penyelesaiannya kandas oleh Robin Olsen.

Sepakan Ruslan Malinovsky lima menit berselang kembali mengancam Swedia. Bola hasil tendangannya melebar dari gawang.

GOL! Ukraina mendapatkan gol penentu kemenangan di masa injury time babak tambahan. Dovbyk menanduk umpan silang akurat Zinchinko di muka gawang. Tidak ada gol lain lagi sampai pertandingan usai.

Related posts

Leave a Comment