Jelang Euro 2020 : Rekor yang Bisa Dipecahkan Cristiano Ronaldo di Euro 2020

Paling tidak ada enam rekor yang berkesempatan untuk dipecahkan Cristiano Ronaldo lewat aksinya di Euro 2020 mendatang. Apa saja?

Situs resmi UEFA membeberkan rekor-rekor tersebut, menjelang gelaran pesta sepakbola negara se-Eropa tersebut yang akan digelar pada 11 Juni-11 Juli 2021.

Di ajang tersebut, Cristiano Ronaldo akan melakoni putaran final Piala Eropa-nya yang kelima. Ini sudah akan menjadi salah satu rekor baru di dalam sejarah Euro.

1. Penampilan terbanyak di babak utama Piala Eropa

Sebanyak 17 sosok sudah tampil dalam empat putaran final edisi Piala Eropa. Ronaldo (2004, 2008, 2012, 2016) cuma butuh untuk main di satu laga Euro 2020 untuk bisa jadi pesepakbola pertama yang tampil di lima putaran final.

2. Gol terbanyak di babak utama Piala Eropa

Ronaldo menandai debutnya di babak utama Euro, lawan Yunani pada 12 Juni 2004, dengan sebuah gol yang juga jadi gol pertamanya buat Portugal. Sejak itu ia sudah mencetak delapan gol tambahan dari 21 penampilan di babak utama.

Dengan 9 gol dalam partisipasinya di babak utama Piala Eropa sejauh ini, ia sejajar dengan Michel Platini sebagai top skor Euro sepanjang masa. Satu gol tambahan di Euro 2020 akan bikin dirinya sendirian jadi top skor Euro sepanjang masa.

3. Penampil terbanyak Piala Eropa (menyertakan babak kualifikasi)

Ronaldo butuh tiga penampilan lagi untuk melampaui 58 penampilan Gianluigi Buffon sebagai penampil terbanyak di kompetisi Euro — kualifikasi dan babak utama. Cristiano Ronaldo kini sudah punya 56 penampilan (36 menang, 12 seri, 8 kalah) dan bisa mengakhiri turnamen tahun ini dengan jumlah maksimal 63 penampilan.

58 Gianluigi Buffon (Italia)
56 Cristiano Ronaldo (Portugal)
51 Mario Frick (Liechtenstein)

4. Jumlah gol terbanyak dalam satu partai babak utama Piala Eropa

Cuma tujuh sosok yang mampu membuat hat-trick di Euro dan Ronaldo belum menjadi salah satunya. Padahal pemain asal klub Juventus itu mampu bikin sembilan hat-trick buat timnas Portugal termasuk, pada dua kesempatan, empat gol dalam satu laga.

5. Pencetak gol tertua di laga final Piala Eropa

Cuma satu sosok d atas 30 tahun yang bikin gol di sebuah laga final Piala Eropa: Bernd Hölzenbein. Ia berusia 30 tahun dan 103 hari saat mencetak gol penyama skor Jerman Barat lawan Cekoslowakia di edisi 1976 untuk membuat laga masuk extra time. Jika bisa membawa Portugal ke final pada 11 Juli, Ronaldo akan berumur 36 tahun dan 156 hari. Saat itu, ia pun berpeluang bikin rekor baru.

6. Kapten tim juara dalam lebih dari satu edisi Piala Eropa

Jika Portugal juara Euro 2020 dan Cristiano Ronaldo menjadi kaptennya, ia akan menyamai torehan Iker Casillas di Spanyol (2008 dan 2012) sebagai sosok kapten yang membawa timnya juara Euro dua kali.

BACA JUGA : BELGIA DITAHAN IMBANG YUNANI

Related posts

Leave a Comment