Unai Emery,Raja Liga Europa

Unai Emery mengukuhkan statusnya sebagai raja Liga Europa usai mengantar Villarreal juara. Liga Europa yang disingkat UEL makin lekat dengan Unai Emery League.

Final Liga Europa mempertemukan Villarreal dengan Manchester United di PGE Arena, Gdansk, Rabu (27/5/2021) dini hari WIB. Kedua tim bermain imbang 1-1 hingga 120 menit.

Kapal Selam Kuning mencetak gol lebih dulu melalui Gerard Moreno di menit ke-29. Edinson Cavani kemudian menyamakan kedudukan untuk MU pada menit ke-55.

Laga kemudian harus ditentukan lewat adu penalti. Di babak tos-tosan, skor imbang hingga 10-10 setelah penendang kedua tim sama-sama tanpa cela melakukan eksekusi.

Duel dua penjaga gawang terjadi di penendang ke-11. Geronimo Rulli sukses menjalankan tugasnya. Sementara, sepakan David De Gea bisa ditepis Rulli.

Villarreal memastikan manjadi juara mengalahkan MU dengan skor 11-10 di babak adu penalti. Keberhasilan Kapal Selam Kuning meraih gelar ini sekaligus mengukuhkan Unai Emery sebagai raja Liga Europa.

Ini merupakan gelar keempat Emery sebagai pelatih di ajang Liga Europa. Sebelumnya, Emery sudah tiga kali memenangkan ajang ini bersama Sevilla (2013/2014, 2014/2015 dan 2015/2016).

Dikutip dari OptaUnai Emery menjadi pelatih pertama yang memenangkan empat trofi Liga Europa sejak ajang ini bernama UEFA Cup. Ia melewati torehan dari pelatih legendaris Italia, Giovanni Trapattoni.

Emery mampu merengkuh empat gelar dari lima kali final yang dilaluinya di Liga Europa. Satu-satunya kekalahan pelatih asal Spanyol ini di laga final Liga Europa adalah saat membesut Arsenal di musim 2018/2019. Kala itu, The Gunners kalah 1-4 dari Chelsea di laga puncak.

Related posts

Leave a Comment