Euro 2020 : Portugal Vs Prancis Berkahir Imbang 2-2,Portugal Tetap Lolos Ke 16 Besar

Duel Portugal vs Prancis berkesudahan tanpa pemenang usai sama kuat 2-2. Hasil ini memastikan kelolosan Portugal, sedangkan Prancis menjadi juara Grup F.

Pertandingan Euro 2020 antara Portugal kontra Prancis dilangsungkan di Budapest Arena, Kamis (24/6/2021) dinihari WIB. Tiga penalti mewarnai pertandingan ini, dua di antaranya diperoleh Selecao das Quinas, yang dicetak Cristiano Ronaldo.

Ronaldo dan Karim Benzema sama-sama sukses mengonversi penalti menjadi gol sehingga Portugal dan Prancis menyudahi paruh pertama 1-1. Usai turun minum, Les Bleus berbalik unggul setelah Benzema mencetak gol keduanya sebelum dibalas Portugal lewat penalti kedua Ronaldo.

Dengan demikian, Prancis yang telah dipastikan lolos ke babak 16 besar berhak tampil sebagai juara grup setelah mengumpulkan lima poin dari tiga laga. Portugal juga lolos setelah finis ketiga dengan perolehan empat poin, sama dengan Jerman yang menjadi runner-up usai seri dengan Hungaria.

BACA JUGA: INGGRIS JUARA GRUP D

Portugal mencoba mengancam Prancis di menit keenam. Sebuah umpan silang dari sisi kiri disambut oleh Cristiano Ronaldo, tapi sepakannya masih terlalu lemah. Prancis membalas dengan umpan terobosan Paul Pogba ke depan namun terlalu panjang bagi Karim Benzema sehingga dengan mudah ditangkap Rui Patricio.

Peluang berbahaya dari Prancis pada menit ke-16. Pogba lagi-lagi mengirim umpan terobosan jitu yang membelah pertahanan Portugal. Bola jatuh ke jalur Kylian Mbappe. Namun dalam situasi one on one, sepakan Mbappe masih bisa dimentahkan Patricio.

Penalti untuk Portugal! Menyusul pelanggaran Hugo Lloris terhadap Danilo. Ronaldo maju sebagai eksekutor, dia melepaskan sepakan kencang ke arah kanan Lloris tanpa bisa dibendung. Portugal memimpin 1-0 atas Prancis di menit ke-31.

Sekitar 10 menit berselang, gantian Prancis mendapatkan penalti setelah pelanggaran Nelson Semedo kepada Mbappe. Benzema mengambil penalti itu lalu mengirim Rui Patricio ke arah yang salah untuk mengubah skor menjadi 1-1, sampai akhir babak pertama.

Hanya sesaat setelah kickoff babak kedua, Prancis mengejutkan Portugal untuk berbalik memimpin 2-1. Pogba mengirim umpan lambung manis kepada Benzema untuk diselesaikan dengan sepakan kaki kanan mendatar.

Pada awalnya, wasit menganulir gol itu karena Benzema dianggap offside. Namun, setelah ditinjau ulang dengan VAR, gol itu disahkan.

Setelah tertinggal Portugal semakin intens menyerang. Semenit kemudian, sundulan Ronaldo hasil menerima umpan silang Diogo Jota melebar tipis saja dari gawang Lloris.

Portugal dihadiahi penalti kedua setelah Jules Kounde melakukan hand ball karena mengadang crossing Ronaldo. Sang megabintang kembali mengonversi penalti itu menjadi gol dengan mengecoh Lloris. Skor 2-2 di menit ke-60.

Kurang dari 10 menit berselang, Prancis nyaris menciptakan gol ketiganya. Pogba melepaskan sepakan keras terarah dari luar kotak penalti yang ditangkis Rui Patricio. Bola melambung mengenai mistar gawang lalu diteruskan Antoine Griezmann dengan sepakan dari jarak dekat meski bisa diselamatkan Patricio.

Pada lima menit terakhir, Griezmann melakukan tembakan spekulasi setelah meneruskan umpan silang Kingsley Coman. Bola sepakan Griezmann melambung tinggi di atas mistar gawang Portugal.

Related posts

Leave a Comment